DEMOCRITOS

Berikut ini akan saya berikan materi mengenai DEMOCRITOS, pada Mata Kuliah Filsafat UMUM - Fakultas Psikologi, Universitas Gunadarma.

PRODUCT by : 
1.   Annida Fakhriyah Khansa
2.   Dwiayu Citra Putriani
3.   Mia Pramanika Arindita
4.   Velona Novita Tobing
5.   Wilhelmina Gonda

--------

1. Riwayat Hidup Singkat
Demokritos dilahirkan tepatnya di abdera yaitu dikota besar yang terkemuka di pantai utara dari laut  aegean, yang lahir sekitar 460SM dan  meninggal sekitar 370SM sehingga ia lebih muda daripada anaxagoras dan 10 tahun lebih muda dari  socrates. ia meninggal pada usia lebih dari 100 tahun.  selama beberapa bagian dari hidupnya ia diajar  di Pythagoreanism oleh Leucippus.
Hanya sedikit yang  dapat diketahui dari riwayat hidup seorang Democritos. Banyak data  tentang kehidupannya telah tercampur dengan legenda-legenda yang kebenarannya sulit dipercaya. Meskipun ia hidup sezaman dengan socrates, bahkan usianya lebih muda, namun Democritos tetepa  digolongkan sebagai filsuf pra-sokratik. Bapaknya adalah dari suatu keluarga terpandang. Democritus, menurut Diogenes Laertius, diajar/diperintah oleh Tiga raja dari Timur ini di dalam ilmu perbintangan dan ilmu agama. Setelah kematian Bapaknya ia menempuh perjalanan mencari-cari kebijaksanaan, dan mengabdikan warisan ayahnya. Ia dikatakan sudah mengunjungi Mesir, Etiopia, Persia, dan India. Setelah beberapa tahun keliling, Democritus kembali ke Abdera. Democritus telah biasanya dikenal sebagai “ Ahli filsafat yang tertawa,” Ia meninggal pada usia lebih dari seratus tahun. Tentang masa mudanya ia pernah berguru kepada seorang “ilmuwan” yang berasal dari Chaldea. Sedangkan ketika usianya sudah cukup lanjut ia menjual sebagian warisan ayahnya untuk mengadakan perjalanan ke Babilonia, Mesir dan ada pula yang pernah mengatakan pernah ke India, Ethopia dan Athena. Dalam salah satu fragmen yang ditulis oleh Democritus dari magnesia mengatakan bahwa “saya pergi ke Athena. Tetapi tak seorang pun mengenalku”. Dengan demikian kita dapat mengatakan bahwa perjalanan ke Athena berlangsung pada usia yang cukup tua yaitu pada saat ia popular dan bukan pada saat usia mudanya.
Pada saat Democritus pulang dari perjalanannya ia hidup dalam kemiskinan. Tetapi dirinya bahkan sahabat-sahabatnya merasa bangga dengan hasil karyanya yang bertitel World Order. Ia menulis sebuah buku yang berjudul Lasser World Order. Masa tuanya dihabiskan untuk menulis dan mengajar. Kadang-kadang ada yang menyebut bahwa Democritus mendirikan semacam perguruan di Abdera seperti yang dilakukan Phytagoras di Croton. Orang terkenal yang pernah berguru kepadanya antara lain Hippocrates, protagoras. Dan metrodoros. Ia juga dikenal sebagai seorang filsuf Yunani sebelum masa Sokrates.
Demokritus, filsuf Yunani pra-Sokrates (450-370 SM), adalah salah seorang filsuf minor di kebudayaan Barat. Ia adalah yang pertama mengerjakan ilmu biologi dan merupakan salah satu penemu teori atom.

2. KARYA-KARYA
a.       Lasser Word Order
b.      Euthymia  (tahun tidak diketahui) tentang  keceriaan.

3. AJARAN
a.       Asal usul Jagad Raya
Demokritos menjawab pertanyaan "dari mana asal usul jagad raya?" kemudian Ia menjawab bahwa asal usul jagad raya berasal dari atom. Kata atom berasal dari bahasa Yunani yaitu "atomos" yang berarti "tidak dapat dibagi", semua atom itu sama dan tidak ada perbedaan kualitas, tetapi hanya berbeda bentuk dan urutan penempatannya. Jumlah atom juga tidak dapat dihitung, tidak dapat hancur, dan tidak dapat berubah. Ajaran ini adlah jawaban Demokritus dari pertanyaan "dari mana asal usul jagad raya?" Ia percaya bahwa fenomena alam semesta berasal dari  atom dan ruang. Ia adalah bapak atom pertama. Konsep atom terus menerus dekimbangkan untuk mengetahui hakikat keberadaan dari atom itu sendiri. Pada zaman demokritus, konsep tentang atom hanya didasarkan pada asumsi intelektual daripada eksperimen atau fakta. Atom dianggap sebagai bagian terkecil dari suatu benda yang tidak dapat dibagi-bagi lagi. Namun perkembangan konsep kini menyatakan bahwa atom masih dapat dibagi menjadi bagian-bagian substansial yang lebih kecil yang tersusun atas proton, neutron dan electron. Bahkan elektronpun masih tersusun atas kuark. Penelitian tentang sunbstansi penyususn atom telah menghasilkan teori tentang atom yang baru seperti teori atom Dalton, Thomson, Rutherford, teori atom Bohr kemudian disempurnakan oleh Schrodinger, Heisenberg dan beberapa peneliti lain menemukan teori kuantum atom yang dianggap paling dapat menjelaskan sifat atom baik secara kuantitatif maupun secara kualitatif.
Democritus beranggapan bahwa ada tak terhingga jenis atom di alam semesta, di mana masing-masing atom mempunyai sifat tersendiri. “Atom kayu”, sebagai contoh, akan berperilaku berbeda dengan “atom air”. Sifat-sifat dari atom ini yang akan terasa oleh indera kita, sebagai warna, berat dan lain-lain. Perkembangan sains telah mengidentifikasi sejumlah jenis atom, misal ferrum (besi) dan aurum (emas) dan kombinasi atom-atom, misal air dari atom hidrogen dan atom oksigen.
Meskipun yang telah dinamakan “atom” ternyata masih dapat dibagi lagi (proton, elektron dan netron) – dan lalu lebih kecil lagi (quark), pemikiran Democritus berpusat bukan pada ‘apakah bagian elementer itu’, melainkan pada ‘apakah ada bagian elementer itu?’. Democritus tidak menggunakan perangkat apa-apa selain pemikirannya, tetapi sains pada abad ke-19 menunjukkan bahwa sejauh ini atomisme dapat dibenarkan. Atomisme adalah filsafat alam yang paling berpengaruh setelah jaman Socrates.
b.      Kekosongan
Menurut Demokritos, ada ruang yang berisi dan ada ruang yang kososng. Dia juga berpikir harus ada ruang kosong antar atom untuk memeberikan ruang untuk pergerakannya (seperti pergerakan dalam air dan udara, atau fleksibelitas benda padat). Atom diumpamakan sebagai sesuatu yang penuh dan akan bergerak mengisi ruang yang kosong. Hal itu menyebabkan atom bergerak secara spontan dengan sendirinya tanpa pengaruh khusus.
c.       Euthumia
Demokritos dengan panjang menjelaskan mengenai etika, namun tidak dijelaskan secara sistematis. Euthumia termasuk dalam etika, yaitu keadaan batin yang sempurna. Menurut demokritos, Euthumia dapat dicapai secara seimbang dengan cara orang perlu menjangkau semuafaktor dalam hidup, kesenangan dan kesusahan, kenikmatan dan pantangan.

4.  SUMBER
·         Hadiwijono,Harun(1992). Sari Sejarah Filsafat Barat 1. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.
·         Komik Fisika. (2010,22 Oktober). DEMOCRITUS. Diperoleh 20 November 2013, dari http;//komikfisika.blogspot.com/2010/10/demokritus.html

·         Ebay.(2011,14 September). FILSUF YUNANAI. Diperoleh 20 November 2013, dari http://www.ebay.com.au/itm/Filsuf-Yunani-Demokritos-Aristoteles-Thales-by-/380638024135

--------

  Dosen : Jacobus Blida Blikololong
  Kelas : 1PA17 (Psikologi Karawaci)
  Ajaran : PTA 2013/2014
UNIVERSITAS GUNADARMA 2013

Comments

Popular Posts