Bingkai Cerita dalam Perkembangan Teknologi Internet



Pada sekitar tahun 2007, ketika saya masih menduduki bangku SMP kelas 1 saya merupakan anak yang paling mengenal dunia internet lebih dulu dibandingkan dengan teman-teman dekat saya. Teknologi Komputer tabung, sudah saya gunakan sejak saya SD sekitar tahun 2004. Untuk mengetik dan bermain games, Yang kemudian komputer saya selalu naik tingkat seiring bejalannya waktu. Dari mengganti pentium, windows, software, hardware, sampai layar komputer yang menjadi LCD hingga sekarang. Tak terkecuali pemasangan Internet yang juga berawal dari modem batang hingga sekarang menggunakan Telkom Speedy dari tahun ke tahun berganti, sehingga fungsi komputer saya semakin kompleks. Namun sekarang, karena gadget yang setiap dari keluarga kami punya, menjadikan komputer rumah saya itu digunakan untuk hal-hal yang pengerjaannya bersifat berat saja.

Semua cerita ini terjadi, berawal dari Ayah saya yang pertama kali mengenalkan Internet dan Teknologi Komputer itu kepada keluarga ..

Ayah bekerja di dunia pertelevisian, dan kakak laki-laki saya yang juga mengerti sering menjadi teman berdiskusi ayah dalam menentukan perangkat komputer dan Internet yang akan digunakan di rumah. Seiring berjalannya waktu sampai sekarang, bukan hanya kakak laki-laki saya yang berperan, namun saya dan kedua adik saya, juga ambil alih dalam keputusan sampai pada kriteria gadget yang kami inginkan sekalipun.


Berikut cerita mengenai pengalaman saya :)
 
- Pada perkembangan pertama.

Pertama kali, sekitar tahun 2007 ayah membeli modem batang yang dulu kisaran ratusan ribu. Ayah bersama kakak laki-laki saya yang lebih paham mengenai modem itu. Namun, ketika ayah bawa kerumah, sinyal nya tidak terkoneksi sehingga kami menunggu ayah mengganti modem itu sampai internet bisa berfungsi. Dengan bermodalkan Komputer tabung yang menggunakan Windows XP pentium 2, Kedua kalinya, Ayah membeli modem lagi berwarna hitam orange, yang saya ingat menggunakan kartu M2. Dan sejak saat itu lah, saya menggunakan Internet. Menggunakan browser internet Explorer dengan Layanan Aplikasi Search engine Google untuk mencari informasi diluar sana dan mendaftar Jejaring social ‘Facebook’. Itu saja yang saya gunakan karena itu sangat terkenal saat saya SMP dulu.

- Pada perkembangan kedua.

Ayah memiliki teman progammer, yang tinggal satu perumahan dengan kami. Ayah dan kakak laki-laki saya, kembali berdiskusi menaikkan pentium komputer rumah menjadi pentium 4. Karena kebutuhan keluarga meningkat, dalam pengerjaan pengeditan video film dan lain-lain. Sampai progammer teman ayah itu, menjadi progammer keluarga kami setiap kali kami ingin mengganti komputer dan menambah software maupun hardware terbaru. Suatu hari, promosi Telkom Speedy sedang gencar menelepon kerumah kami untuk pelayanan pemasangan internet. Saya dan keluarga sangat tertarik saat itu, mengingat lebih mudah pembayarannya daripada dengan menggunakan modem batang yang pembayaranya isi ulang pulsa, hitung-hitung kami hanya membayar perbulan saja, dan jika ada keluhan biar Telkom yang mendatangi rumah.

Walaupun seiring berjalannya waktu, Telkom Speedy memang pernah memberikan pelayanan yang mengecewakan dan ditambah promosi pemasangan internet rumah semakin banyak, keluarga kami belum yakin untuk pemsangan jaringan lain lagi. Kecuali, TV kabel. Maka sejak saat itu, sampai sekarang Internet rumah kami menggunakan Telkom Speedy.

Keluarga kami, sering bergantian melakukan browsing di komputer, yang awalnya menggunakan Browser Internet Explorer, menjadi Mozilla Firefox dan Google Chrome sampai sekarang. Browsing dengan Layanan aplikasi search engine Google, dan Yahoo jika tidak tau alamat webnya, cek E-mail, streaming Youtube, chatting (YahooMessenger), social media, dan lain-lain. Biasanya untuk kami yang masih sekolah memakai internet untuk mengerjakan tugas, bermain Games Online, E-mail, youtube, dan lain-lain. Kalau Ayah, memakai komputer dan Internet biasanya untuk pekerjaan di Kantor, dan Ibu untuk melepas jenuh membuka social media dan membaca artikel.

- Pada Perkembangan Ketiga.

Kakak laki-laki saya, adik-adik, dan saya memiliki tuntutan untuk memiliki Handphone yang memiliki kriteria lebih baik atau seperti pada zamannya saat itu. Browsing, Chatting, Games, Aplikasi reader, Social Media, Camera+Video, dan lain-lain. Sehingga Komputer rumah kami teralihkan dan berubah fungsinya untuk pengerjaan berat saja.
Sementara Ayah tetap meningkatkan kecanggihan komputer rumah, dengan menaikkan pentium 4 menjadi intel Core 2 dan layar tabung menjadi layar LCD. Lalu modem router dirumah ditambahkan dengan modem Wifi, sehingga setiap gadget dari yang kami punya memiliki koneksi Wifi dari Komputer Rumah.

Dan sejak saat saya memasuki SMA, saya memiliki Laptop. Maka setiap pengerjaan yang biasa saya kerjakan di komputer rumah, sudah saya kerjakan di Laptop saya semuanya. Begitupun juga dengan kakak laki-laki saya. Kami lebih sering hanya memakai koneksi Wifi dari Komputer rumah. Dan Komputer rumah, menjadi teralihkan tanggungjawabnya kepada adik laki-laki saya.

Seiring berjalannya waktu sampai saat ini, adik-adik saya memiliki Laptop semuanya, dan kami menjadi lebih masing-masing dalam mengurusi urusan yang berhubungan dengan dunia Internet, Tugas, dan lain-lain. Karena Teknologi sudah kami punya masing-masing dan tidak lagi terpaku hanya kepada satu Komputer rumah saja seperti dulu. Sedangkan Komputer rumah, hanya lebih sering digunakan Ayah dan Ibu. Sampai hasilnya, ada dimana saat-saat tertentu rumah saya menjadi sepi karena kami sibuk semua dengan gadget kami masing-masing.

- Pada Perkembangan Keempat.

Sejak awal saya memasuki SMA, Saya sudah mulai rapih dengan apapun yang saya kerjakan pada dunia Internet. Karena saya tidak lagi berbarengan dengan yang lain menggunakan Komputer rumah jika ingin melakukan pekerjaan pribadi. Saya mulai melakukan browsing atau sekedar membaca artikel pada Laptop dan Handphone. Saya menggunakan layanan aplikasi Chatting Skype, Games, Search Engine Google & Yahoo, Browsing dengan Mozilla Firefox atau Google Chrome, dan Searching pada alamat Web yang sudah saya Bookmark dengan kategori tertentu pada Laptop saya. 

Alamat web yang biasa saya kunjungi, diantaranya adalah :

Kategori Berita :
Kategori Social media :
Kategori Buku :
Kategori Film :
Kategori Musik :
Kategori Pendidikan :
Kategori Perkuliahan :

Dan masih banyak lagi, yang biasa saya kunjungi alamat web nya. Dengan menggunakan Browser Mozilla Firefox, atau Google Chrome, atau Baidu Spark Browser yang baru saja saya coba gunakan saat ini juga,

Semua ini menjadikan perkembangan Teknologi Internet terus berkembang dan tiada hentinya. Semoga kita bisa semakin bijak menanggapi setiap perubahan apapun yang akan berdampak kepada diri kita sendiri.


 ~~~

Sekian bingkai cerita saya selama menggunakan Teknologi Internet dari Awal sampai sekarang. Terimakasih banyak telah menyimak bacaan ini yaa dan Mohon maaf jika banyak kesalahan kata.

Sampai jumpa di tulisan selanjutnya :)

Comments

Popular Posts