Tes Psikologi Online “Queendom”



Tes Psikologi, sudah banyak disediakan di berbagai tempat. Dari tingkat sekolah, kerja, bahkan sampai terbuka untuk umum yang bisa dilakukan oleh siapapun. Tak terkecuali, Tes Psikologi yang disediakan secara online. Saya menemukan begitu banyak web yang menyediakan Tes Psikologi Online. namun seringkali ke-akuratan dari Tes tersebut masih sangat diragukan dengan hasil skor yang biasanya didapatkan oleh penguji.

Saya akan menjelaskan salah satu web yang menyediakan begitu banyak sekali Tes Psikologi Online. dan Merupakan web Tes Psikologi Online yang di Validasi secara Ilmiah dan menggunakan standar APA (American Psychologycal Association) yaitu standar yang digunakan untuk pengujian pendidikan dan psikologis.

Web Tes Psikologi tersebut adalah www.queendom.com.

Queendom adalah ladang Tes. Tempat Tes dimana sangat banyak sekali pilihan yang bisa dipilih oleh pengunjung. Situs ini juga menciptakan tempat interaktif untuk eksplorasi diri dengan dosis yang sehat menyenangkan. Queendom.com merupakan anak perusahaan dari PsychTests AIM Inc, sebuah perusahaan psikometri teknologi tinggi yang mengembangkan rangkaian produk yang berpusat dan berjasa ditempat yang luas dari penilaian psikologis. PsychTests AIM Inc menyediakan layanan psikometri dan produk yang berhubungan dengan Terapis, Mahasiswa, Peneliti, Dosen, Pemasar dan Sumber Daya Manusia profesional.

PsychTests menawarkan solusi di berbagai bidang, diantaranya menawarkan berbagai macam kualitas profesional, penilaian psikologis ilmiah yang divalidasi yang memberdayakan, untuk tumbuh dan mencapai potensi penguji yang sesungguhnya melalui umpan balik wawasan yang di rinci, dan analisis yang disesuaikan dengan kebutuhan.

PsychTests menawarkan solusi di berbagai bidang:

·         ARCH Profil: Sebuah toolkit pengujian sangat diperlukan untuk departemen HR dan terapis yang memungkinkan para profesional untuk mengelola penilaian, meninjau laporan pengujian, dan membandingkan uji-taker. ARCH PROFILE : archprofile.com
·         MatchScale: Sebuah state-of-the-art sistem pencocokan romantis yang digunakan oleh situs kencan online yang mencakup penilaian psikologis lengkap yang menganalisis dan membandingkan pola 152 atribut. Ini membantu pengguna menemukan mitra dengan campuran yang tepat dari karakteristik serupa dan saling melengkapi.
·         Akademik Testing Center: Sebuah "center secara online" yang digunakan oleh mahasiswa, dosen dan peneliti di seluruh dunia untuk meningkatkan pengumpulan data untuk proyek-proyek mereka menggunakan penilaian bersertifikat.
·         Tes Custom: Apakah Anda memerlukan alat penilaian profesional atau konten menghibur, tim Queendom psikolog akan berkolaborasi dengan penguji untuk membuat, ber-wawasan, dan uji top-kualitas yang unik.

Ø  Kualitas dan Standar Tes Queendom ketika mengembangkannya :

Ilmiah di balik pengujian Queendom
 
Semua tes pada Queendom.com yang membawa "Ilmiah Divalidasi" segel secara profesional dikembangkan dan didasarkan pada analisis statistik menyeluruh. Pengujian Queendom dikembangkan oleh tim pengembang berpengalaman yang dipimpin oleh Ilona Jerabek, PhD. Setiap tes diteliti dan dikembangkan sesuai dengan APA (American Psychological Association) standar untuk pengujian pendidikan dan psikologis.

Analisis statistik yang luas adalah bagian yang sangat penting dari proses validasi ilmiah. Queendom mengumpulkan data dari puluhan ribu peserta tes di Queendom dan situs mitra lainnya. Selain itu, Queendom menyelidiki validitas prediktif karir tes bakat Queendom dalam kemitraan dengan perusahaan seperti Hickory Farms dan Manusia Perspektif Internasional. Berdasarkan temuan Queendom, Queendom terus memperbarui tes untuk memberikan hasil yang paling akurat mungkin. Ringkasan laporan pada analisis statistik yang tersedia secara gratis di Queendom - Anda dapat mengaksesnya dengan mengklik "ilmiah divalidasi" segel ditampilkan pada halaman pengujian. Laporan statistik rinci tersedia untuk biaya. Silahkan hubungi Queendom untuk informasi.

Tes Queendom yang dinilai dengan teknologi canggih dan inovatif berdasarkan kecerdasan buatan (AI) algoritma. Queendom menerima peer-review R & D hibah dari Industry Canada untuk penelitian teknologi pengujian tanah-melanggar, seperti logika fuzzy, jaringan kabur-saraf dan pengenalan pola. Penggunaan AI memungkinkan Queendom untuk memberi makan pengetahuan ahli ke dalam mesin uji untuk mencetak gol otomatis dan pembuatan laporan.
http://www.queendom.com/about/media/credibility_popup.html

Ø  Sejarah Queendom

·         1996: Di bawah nama perusahaan Plumeus (Latin untuk "lembut seperti bulu"), psikolog Ilona Jerabek, PhD, dan spesialis kecerdasan buatan Vrat Jerabek, PhD membuat Queendom.com, self-help situs katering populer bagi perempuan.
·         1997: Untuk mengakomodasi permintaan untuk penilaian psikologis, baik untuk penggunaan pribadi dan profesional, PsychTests.com dibuat.
·         1998: The Academic Testing Center (ATC) yang dikembangkan untuk membantu akademisi di seluruh dunia dalam studi penelitian mereka
·         1999: Dengan munculnya Quizcards, Queendom mulai menawarkan cara interaktif dan menyenangkan yang memungkinkan pengguna untuk mengirim dan bertukar Kuis terbaru dalam bentuk e-card pribadi, meningkatkan pengalaman online pengguna.
·         2000: Queendom.com bergerak ke tahun kelima operasi dengan banyak tes psikologis baru.
·         2001: Queendom mendapat wajah besar angkat dan memperkenalkan My Profile.
Perusahaan ini disewa oleh Jaringan FOX untuk memproduksi lima kustom tes seminggu untuk serial TV "The Test" yang diselenggarakan oleh Jillian Barberie.
Queendom juga menempa kemitraan dengan Discovery Channel yang kesehatannya Portal mulai membawa tes Queendom.
·         2002: Perusahaan Induk PsychTests AIM Inc meluncurkan ARCH Profil untuk secara efisien mengelola SDM profesional 'meningkatnya permintaan untuk penilaian psikologis yang ditargetkan di tempat kerja.
·         2003: Queendom meluncurkan sejumlah besar tes baru.
·         2004: ". Cari Anda Petualangan Quotient Test" Untuk mempromosikan Land Rover baru SUV dan mengarahkan lalu lintas ke situs web perusahaan dalam kampanye internasional, kita membuat
·         2005: Plumeus resmi mengubah nama perusahaan menjadi PsychTests, untuk membedakan perusahaan lebih tajam di pasar.
Tes yang paling komprehensif dalam sejarah perusahaan, tes kompatibilitas MatchScale diluncurkan dan lisensi untuk situs kencan online.
·         2006: Queendom mengalami revisi luas dari semua tes, memastikan mereka memberikan akurasi yang optimal mungkin.
·         2007: Queendom memperkenalkan facelift yang baru dengan desain upgrade, modus pribadi surfing dan banyak fungsi baru lainnya setelah revisi luas dari semua tes.



Di Halaman Quendoom, terdapat beberapa menu pilihan, yaitu :
ü  Test
ü  Quizzes
ü  Polls
ü  Advice
ü  Articles
ü  Blog

v   Test
Menu Test Queendom menyediakan banyak sekali pilihan Tes yang bisa kita uji. Kurang lebih menurut informasi terdapat sekitar 60-70an Jenis Tes.
Namun, saya akan menjelaskan beberapa Jenis Tes yang menurut Queendom sedang menjadi peringkat Top 5. Tes tersebut yaitu:

1.      Emotional Intelligence Test
Disamping biasanya para peneliti mengungkapkan tes IQ yang biasa dijadikan acuan bagaimana kecerdasan seseorang, sekarang mulai banyak penguji menggunakan tes EQ untuk melihat kecerdasannya. Tes Kecerdasan emosi (emotional intelligence=EI) adalah tes yang digunakan untuk mengukur  kemampuan seseorang dalam merasakan, mengendalikan, dan mengevaluasi berbagai emosinya.
Tes kecerdasan emosional disini akan mengevaluasi beberapa aspek kecerdasan emosional seseorang dan akan menyarankan cara untuk memperbaikinya.

2.      Big Five Personality Test
Kepribadian 5 besar merupakan Tes yang penilaiannya menyeluruh pada kepribadian diri kita sendiri yang digunakan untuk  menggambarkan kepribadian seorang individu yang di deskripsikan dengan 5 kata atau label besar yaitu :
1.      Neuroticism (N)
2.      Extraversion (E)
3.      Openness (O)
4.      Agreeableness (A)
5.      Conscientiousness (C)

Kelima dimensi ini dapat diterapkan pada berbagai teknik penilaian tingkat kepribadian seseorang, tes objektif, dan observasi.  Kelima faktor diatas adalah hasil dari perpaduan faktor – faktor trait dari tokoh – tokoh sebelumnya.

3.      Depression Test
Tes depresi ini dilakukan untuk mengukur tingkat Depresi seseorang, karena semua orang pasti akan larut dalam kesedihan. Namun, bagaimana ia bisa mengatasi atau menyeimbangkan hidupnya secara konsisten tergantung dari seberapa tinggi dan rendahnya orang tersebut untuk melakukan fungsinya jika tertekan.
Penilaian ini dirancang untuk menentukan apakah Penguji saat ini memiliki, atau berisiko untuk mengembangkan gangguan depresi, bersama dengan menilai apakah pola pikir penguji membuatnya lebih rentan terhadap depresi.

4.      Social Skills Test
Tes Keterampilan soaial digunakan untuk mengukur seberapa sulit dan mudahnya saat berada dilingkungan sosial. Dimana sering dituntut untuk memiliki kenalan baru, bergaul dengan rekan rekan, menjaga teman, saling peduli, dan tentunya merasa nyaman dengan itu semua.
Tes ini selain menunjukkan hasil, juga membantu kita untuk melihat kasus apa saja yang bisa kita alami di lingkungan sosial kita dengan melihat kecenderungan perilaku yang mungkin bisa dilanggar secara tertulis maupun tidak tertulis. Melanggar peraturan tidak tertulis, tentunya akan mengganggu orang-orang disekitar kita. Namun, Keterampilan sosial mampu ditingkatkan secara sadar.

5.      Self-Disclosure Test for Couples
Tes Kedekatan diri untuk Pasangan adalah tes yang digunakan untuk meningkatkan kedekatan seorang pasangan dengan melihat gejala gejala yang mungkin bisa dialami oleh pasangan tersebut. Bagaimana cara menyelesaikan dengan konflik yang sering terjadi, dan bentuk pengungkapan diri menjadikan kedekatan lebih baik.

v  Quizzes
Queendom menawarkan berbagai macam tes lucu, kuis dan permainan asah otak yang akan baik menghibur dan merangsang mood Anda. Jika hal-hal menyenangkan dengan sedikit kegilaan pemikiran adalah hal Anda, maka Anda telah datang ke tempat yang tepat.

v  Polls
Queendom menyediakan tempat untuk kita memberikan pendapat dan melihat hasil survey nya agar kita bisa mengetahui seberapa banyak pendapat orang lain yang sama dengan pendapat kita atau tidak.

v  Advice
Queendom  menyediakan layanan untuk kenyamanan diri kita dan mengungkapkan semua kejujuran. Psikolog yang berkualitas dan terapis di sini akan menjawab pertanyaan dan menawarkan saran wawasan tentang segala sesuatu dari karir dari karir sampai ke hubungan.
Silahkan membaca tanggapan terhadap pertanyaan pengunjung terakhir , dan tanyakan pada kecocokan diri sendiri atau silahkan hubungi konselor secara langsung melalui jaringan Konseling Queendom.

What’s New.
1. Sangat marah dan tertekan
2. Aku sangat lelah hidup
3. Apakah saya korban?
4. Hubungan antara anak Tiri
5. Saya membutuhkan seseorang

Counseling Network  
http://www.queendom.com/advices/network/index.htm

v  Articles
Queendom secara Informatif, mencerahkan dan menghibur menyajikan artikel mencakup sejumlah topik, mulai dari depresi sampai ke cinta sejati bagi kesehatan. Pastikan artikel  yang dibaca Tips  memberdayakan hidup sebagai saran dan kehidupan praktis.

v  Blog

Ø  Tes Psikologi

Pada kesempatan kali ini, saya akan mencoba untuk melakukan Big Five Personality Test yang disediakan oleh Queendom.
- Langkah pertama, saya membuka menu ‘Test” lalu login terlebih dahulu karena saya sudah mendaftar dan memiliki akun. Sehingga, test yang saya ikuti dapat disimpan dalam arsip penjelajahan saya selama di Queendom.

- Setelah saya sudah selesai login, terdapat kata ‘welcome dwiaayyu..!’ dan Test yang akan saya ikuti siap disimpan oleh Queendom.
Kemudian saya memilih urutan ke-2 Big Five Personality Test yang terdapat dalam Top 5.

Kemudian akan muncul page dengan penjelasan mengenai Big Five Personality Test, berikut tanda "Scientifically Validated" dan hal apa saja yang bisa kita lakukan selama Test. Lalu menyetujuinya dengan meng-klik kotak ‘I agree...’ dan lanjut dengan klik Start Over untuk mengikuti test dari awal.

- Terdapat 7 pertanyaan awal nomor 1-7 dalam 25 Pertanyaan dengan pilihan opsional :
Sangat Sering – Sering – Kadang-kadang – Jarang – Hampir Tidak Pernah
Dan semua itu harus dijawab secara lengkap dengan waktu yang sudah ditentukan. Jika sudah selesai, klik ‘Next’.

- Terdapat 7 pertanyaan opsional kedua dari nomor 8-14 dalam 25 Pertanyaan, Dengan pilihan opsional:
Sangat Setuju – Setuju – Ragu-Ragu – Tidak Setuju – Sangat Tidak Setuju
 Dan semua itu harus dijawab secara lengkap dengan waktu yang sudah ditentukan. Jika sudah selesai, klik ‘Next’.

- Terdapat 8 Pertanyaan opsional ketiga dari nomor 15 – 22 dalam 25 pertanyaan, dengan pilihan opsional :
Sangat Setuju – Setuju – Ragu-Ragu – Tidak Setuju – Sangat Tidak Setuju
 Dan semua itu harus dijawab secara lengkap dengan waktu yang sudah ditentukan. Jika sudah selesai, klik ‘Next’.

- Terdapat 3 Pertanyaan opsional terakhir nomor 23-25 dalam 25 pertanyaan, dengan pilihan opsional:
Urutan ke 1,2,3,4, atau 5.
Dan semua itu harus dijawab secara lengkap dengan waktu yang sudah ditentukan. Jika sudah selesai, klik ‘Next’.

- Terdapat 1 pertanyaan opsional pertama nomor 26 dalam 22 pertanyaan tambahan, dengan pilihan opsional:
Sangat Sering – Sering – Kadang-kadang – Jarang – Hampir Tidak Pernah
Dan semua itu harus dijawab secara lengkap dengan waktu yang sudah ditentukan. Jika sudah selesai, klik ‘Next’.

- Terdapat 10 pertanyaan opsional kedua dari nomor 27-36 dalam 22 pertanyaan tambahan, dengan pilihan opsional:
Sangat Setuju – Setuju – Ragu-Ragu – Tidak Setuju – Sangat Tidak Setuju
Dan semua itu harus dijawab secara lengkap dengan waktu yang sudah ditentukan. Jika sudah selesai, klik ‘Next’.

- Terdapat 6 pertanyaan opsional ketiga dari nomor 37-42 dalam 22 pertanyaan tambahan, dengan pilihan opsional:
Sangat Setuju – Setuju – Ragu-Ragu – Tidak Setuju – Sangat Tidak Setuju
Dan semua itu harus dijawab secara lengkap dengan waktu yang sudah ditentukan. Jika sudah selesai, klik ‘Next’.

- Terdapat 6 pertanyaan opsional ketiga dari nomor 43-47 dalam 22 pertanyaan tambahan, dengan pilihan opsional:
Urutan ke 1,2,3,4, atau 5.
Dan semua itu harus dijawab secara lengkap dengan waktu yang sudah ditentukan. Jika sudah selesai, klik ‘Next’.

- Terdapat sejumlah pertanyaan identitas untuk pertanyaan penelitian yang bisa dijawab. Namun, bisa juga jika tidak ingin menjawabnya langsung melanjutkan ke hasil tes dengan meng-klik ‘Score my test’

Rangkuman keseluruhan dari hasil tes Big Five Personality telah dirangkum dari 25 Pertanyaan Utama , 22 pertanyaan Tambahan, dan Pertanyaan Penelitian yang sudah saya jawab dengan hasil Rangkuman Extroversion score 57 yang menjelaskan bahwa :
“Anda mencetak di suatu tempat di tengah-tengah antara introversi dan ekstroversi, yang berarti bahwa Anda menarik karakteristik dari kedua ujung spektrum. Kadang-kadang, Anda perlu waktu untuk diri sendiri, lebih memilih untuk memikirkan semuanya sendiri. Lain waktu, Anda menikmati berinteraksi dengan orang lain. Secara keseluruhan, Anda mungkin orang yang cukup keluar yang kadang-kadang memilih untuk menyendiri. Anda mungkin membutuhkan keseimbangan waktu sendirian dan waktu dengan orang lain dalam hidup Anda karena Anda dapat menjadi sedikit kewalahan jika Anda mengabaikan sisi introvert diri.”

- Pada kolom Intro, Penjelasan tidak ditampillkan.
- Pada kolom Grafik, Penjelasan tidak ditampillkan.
- Pada kolom Hasil Rinci, Penjelasan tidak ditampillkan.
- Pada kolom kekuatan dan Keterbatasan, Penjelasan tidak ditampillkan.
- Pada kolom Nasihat, Penjelasan tidak ditampillkan.

*Kolom-kolom tersebut tidak ditampilkan, karena kita bisa membayar untuk penjelasan yang lebih.

v  Kesimpulan

Layanan Tes Psikologi Online Queendom, menampilkan hasil rangkuman secara keseluruhan dengan jelas, dan menawarkan membuat akun untuk menyimpan setiap penjelajahan yang kita lakukan di Queendom ini.
Tes yang saya ikuti tidak menyediakan sertifikat, namun menyediakan hasil result yang berbayar untuk penjabaran secara lebih jelasnya. karena situs ini merupakan situs resmi yang sudah berstandar American Psychological Association.

Demikian, jika ada yang berminat untuk mengikuti Tes Psikologi Online tersebut silahkan bergabung dan menjelajahi setiap fasilitas yang diberikan oleh Queendom. Terutama Blognya yang juga sangat menarik untuk dikunjungi, berbagai articles yang di publikasikan, sangat menarik dan semua mengenai kesehatan jiwa manusia.

Sekian dan Terimakasih telah berkunjung. :)

Comments

Popular Posts